• Senin, 3 Oktober 2022

Sedang Diskusi Permenkominfo No 5 Tahun 2020, Dua Aktifis Diteror

- Minggu, 31 Juli 2022 | 16:21 WIB
Player Diskusi Netizen sesi 2 (Akun Facebook Teguh Aprianto)
Player Diskusi Netizen sesi 2 (Akun Facebook Teguh Aprianto)

Dua aktifis koalisi menjadi korban teror melalui sambungan whatsapp, hal ini diungkapkan Teguh Aprianto dalam status media sosial facebook miliknya yang diposting, Minggu (31/7/2022).

Dalam postingan yang diberi judul : Kebebasan Berpendapat dan Serangan Digital di Indonesia

Berikut status Teguh Aprianto yang dikutip Redaksi secara utuh. Kemarin malam saya kebetulan ditunjuk oleh teman-teman koalisi untuk kembali menjadi host di diskusi #BlokirKominfo di Twitter Space untuk kedua kalinya. Iya 2 sesi diskusi telah dilakukan untuk mendiskusikan berbagai masalah di peraturan Kominfo yang belakangan meresahkan kita semua.

Sesi pertama bahasannya terfokus mengenai pasal-pasal bermasalah dan dampak dari Permenkominfo No 5 Tahun 2020. Lalu sesi kedua yang dilangsungkan kemarin malam terfokus mengenai tindakan serius apa yang bisa publik lakukan disertai dengan penjelasan dari hukum dari peneliti dan praktisi hukum di Indonesia.

Sesi pertama didengarkan lebih dari 14 ribu pendengar ketika space sedang berlangsung, versi rekamannya didengarkan lebih dari 67 ribu kali. Lalu sesi kedua yang dilangsung kemarin malam didengarkan lebih dari 27 ribu pendengar ketika space sedang berlangsung dan versi rekamannya telah didengarkan lebih dari 115 ribu kali.

Tapi yang menyedihkan ketika diskusi di Twitter Space tersebut sedang berlangsung, 2 orang teman kami mengalami serangan digital. Nomornya disebarkan di berbagai group hingga berujung mereka menjadi korban spam dan mereka juga menjadi korban teror.

Mereka yang jadi korban adalah Tretan Muslim yang kebetulan saat itu sedang menjadi pembicara walaupun hanya sebentar dan Hafiz Habis, seorang warga negara biasa seperti saya yang hanya memberikan pertanyaan ketika Twitter Space tersebut sedang berlangsung.

Baca Juga: PayPal Diblokir, Judi Online Tidak Diblokir Kominfo, Deddy Corbuzier: Apa Yang Punya TERLALU KUAT Pak Menteri?

Dari TRACE (Tim Reaksi Cepat) mencatat setidaknya ada 6 korban yang mengalami serangan digital terkait dengan #BlokirKominfo. Semuanya adalah orang-orang yang ikut berkampanye #BlokirKominfo. 4 orang software engineer (1 orang bahkan masih berusia 14 tahun), 1 orang illustrator dan 1 orang figur publik.

Ga perlu kita membahas yang lebih luas soal keamanan digital, mari kita bahas yang lebih sempit, yakni soal serangan digital aja kali ini. Apakah negara peduli ketika warganya menjadi korban serangan digital? Jika menjadi korban, mereka harus lapor ke mana? Ke polisi? Situ bercanda apa gimana?

Halaman:

Editor: Adityawarman

Sumber: Akun Facebook Teguh Aprianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X